2 Tahun Pun Berlalu...


Gigi netral, tarik rem tangan


Kalau Mina-san sekalian memakai mobil dengan transmisi manual, khususnya mobil tua, pasti mengerti dengan arti gambar diatas. Benar, itu adalah posisi gigi, saat kita memarkirkan mobil kita. Gigi kita pindahkan ke posisi Netral dan rem tangan ditarik. Dan, itulah yang aku akan lakukan dengan kegiatan membuat subtitleku. Aku memutuskan untuk parkir alias berhenti membuat subtitle.

2 tahun blog ini berjalan, aku sudah membuat 132 subtitle. Kalau dihitung berdasarkan minggu, aku membuat sekitar 1 hingga 2 subtitle per minggu selama 2 tahun ini. Jumlah yang tidak pernah aku bisa bayangkan saat memulai blog ini, dan bekerja seorang diri membuat subtitle-subtitle tersebut. Rincian subtitle yang aku buat:

NOGIZAKA46
Nogizaka Under Construction - 31 subtitle
Nogizakatte, Doko? - 11 subtitle ditambah dengan 2 subtitle yang tidak aku rilis
Nogiten 2 - 4 subtitle
NOGIROOM! 8 - 11 subtitle
NOGIROOM! 9 - 11 subtitle
BLT Interview Nogizaka46 Gen3 Part 1, 2 & 3 - 3 subtitle
Individual PV Nogizaka46 17th Single - 3 subtitle
NIKIBINGO - 1 subtitle
Nogizaka Ekaki Uta - 1 subtitle
Panasonic x Nogizaka46 Special Project Movie 2 - 1 subtitle
Under Documentary - Tsumasaki no Mukou ni - 1 subtitle

KEYAKIZAKA46
Keyakitte, Kakenai? - 12 subtitle
KEYAROOM! 1 - 12 subtitle
KEYAROOM! 2 - 12 subtitle
KEYAROOM! 3 - 11 subtitle
Individual PV Keyakizaka46 1st Single - 1 subtitle
Individual PV Keyakizaka46 2nd Single - 3 subtitle
Individual PV Keyakizaka46 3rd Single - 1 subtitle
Individual PV Keyakizaka46 4th Single - 1 subtitle
Hiragana Keyaki Omotenashikai 2 Hours SP - 1 subtitle

Alasan mengapa aku memutuskan untuk berhenti disini sebenarnya ada banyak. Yang jelas, ini bukan karena aku tidak punya waktu, atau karena tenaga, maupun kesehatan. Waktu aku punya banyak karena TV Indonesia sendiri sudah tidak bisa aku andalkan sebagai hiburan. Idol dan membuat subtitle menjadi pelampiasan untuk hiburan, sekaligus media untuk belajar Bahasa Jepang. Tenaga pun aku masih mampu. Sedangkan kesehatan, Alahamdulillah, selama 2 tahun membuat subtitle, aku tidak mengalami masalah kesehatan yang berarti. Mungkin 2 minggu lalu, saat aku terkena demam selama 4 hari, yang cukup membuatku menderita. Jadi, bukan karena ketiga hal tersebut.

Alasan utama mengapa aku memutuskan untuk berhenti  adalah karena aku tidak mempunyai passion atau gairah lagi dalam membuat subtitle. Entah kenapa, tiba-tiba hal ini menghilang. Aku pun tidak punya keinginan untuk membuka blogku ini. Aku juga minta maaf, karena selama beberapa bulan ini, aku tidak membalas komentar dari Mina-san sekalian yang berkunjung ke blogku. Biasanya, aku akan membalas tiap komentar atau sekedar komen "OK!", "Makasih", "Trims balik" atau "Mantab pake "B"!" Sekali lagi, aku mohon maaf karena ini. Passion untuk nge-blog hilang dari dalam diriku.

Sebenarnya, keinginanku untuk parkir muncul, setelah menyelesaikan proyek KEYAROOM! 3 pertengahan tahun lalu. Tetapi, karena setelah itu ada pengumuman NOGIBINGO! 9 akan ditayangkan, aku pun memutuskan untuk mengambil proyek NOGIROOM untuk musim tersebut dan menjadikannya proyek subtitle terakhirku. Dan, aku pun dapat menyelesaikannya, dengan ditemani oleh para bidadariku.

Bidadari-Bidadari MasToppu
2 tahun membuat subtitle dan menjalankan blog ini menghadirkan banyak memori. Aku masih ingat bagaimana aku salah menggunakan link di subtitle pertamaku. Dan tentu saja, kejadian yang masih baru, dimana ada yang usil melaporkan postingan blog ini. Tapi, ada hal yang lebih penting lagi selain itu yang aku dapatkan. Aku sadar bila kita dapat meraih sesuatu dengan satu cara, yaitu memulainya. Aku tidak pernah membayangkan bisa mengerti Bahasa Jepang, atau bisa menggunakan software Aegisub, yang pada awalnya, aku lihat sebagai benda asing dan sulit untukku. Aku juga masih ingat, dulu aku masih bingung apa yang dikatakan para Idol dan Owarai kesukaanku diacara mereka. Dengan memutuskan untuk mulai belajar Bahasa Jepang, kini, meskipun tidak seluruhnya, aku sudah bisa mengerti dan menikmati acara-acara kesukaanku itu. Jadi, Mina-san sekalian, yang saat ini mempunyai keinginan, target atau impian, jangan menyerah. Yang perlu Mina-san lakukan hanya memulai untuk menggapainya. Niscaya, dengan kerja keras, disiplin dan ketekunan, apa yang diinginkan akan dapat tercapai.

Terakhir, aku benar-benar ingin mengucapkan terima kaish, pada Mina-san sekalian yang sudah sudi memakai subtitle hasil karyaku, meski pun subtitle buatanku masih berjuta-juta kilometer jauhnya dari sempurna. Dan, aku mohon maaf dengan sangat, kalau ada kesalahan terjemahan.

Aku tidak bilang akan berhenti total. Aku masih akan tetap ngidol dan berkeliaran di Stage48, kandang serigala atau kosan gan Mac. Namun, sekarang, aku akan mencoba memulai untuk menggapai sesuatu yang baru. Sembari aku berusaha menggapai hal baru tersebut, aku akan melakukan perjalanan untuk mendapatkan kembali passion untuk membuat subtitle yang hilang dari dalam diriku. Entah, 3 bulan lagi, 6 bulan lagi, 1 tahun lagi atau setelah 15 purnama, saat aku menemukan passion itu, aku mungkin akan kembali dan mulai membuat subtitle lagi. Dan, semoga saja, kemampuanku dalam berbahasa Jepang saat itu meningkat pesat, sehingga dapat menghasilkan subtitle yang lebih sempurna. Terima kasih banyak untuk dukungannya selama ini dan sampai jumpa lagi! Mastoppu, undur diri.

Komentar

  1. Wadahh
    jadi keinget lagi pas dlu prtama kali mampir ksni,
    sekitar november 2016. itu saat prtama kali g ngidol
    dsni lah g prtama kali dpt sub untuk acara nogi yg gua tau.
    Secara random aja wktu itu dpt koujichu lupa eps berapa. sekitar 50 an kyknya
    atau 30 an

    udh setahun lewat main disini, masih inget saat mastoppu punya target setiap minggu atau 2 minggu sekali harus bisa rilis 1 sub, dan itu bener" kece bgt. tiap hari g cmn nungguin aja nih web kapan rilis nya wkwk
    sub nya punya kualitas ajaib, pdahal cmn sendiri. kadang masih engga nyangka kalau u solo subber. bener" kece

    **Blog nya jgn d close ya, biar pada org yg baru suka sakamichi jg bsa mampir :)
    this blog is one of the treasure for fandom. Thank you so much for all of this time

    Memang, Komen yang aku Tulis ini masih berjuta-juta kilometer jauhnya dari sempurna. Kritik, saran dan koreksi sangat aku harapkan, agar Komen ini dapat menjadi lebih sempurna, dan semua dapat menikmati acara 46 dengan lebih mantab. Apapun itu, At Least You'll Know What's Going On.

    bye bye mastoppu.blogspot.co.id

    walaupun masih suka ketemu di s48 / wolf pack sebelah sih LOL

    BalasHapus
  2. semoga lekas ketemu passion nge-sub nya lagi gan ... thx sub nya

    BalasHapus
  3. Bah, disaat bpk kos sbelah bakal begini, si agan bakal begitu TT
    Makasih bnyak min buat sub2nya selama ini, sangat amat teramat membantu menikmati variety Sakamichi.
    Sekali lagi makasih :)
    Moga passionnya kemblai, mungkin klo UE dapat drama XD

    BalasHapus
  4. sedih saiya karena sub mastoppu lah yg selalu ngena dihati. Sayonara..... no Imi

    BalasHapus
  5. mastoppu salah satu blog yang saya cek tiap hari selama 2 tahun ini, dulu pas pertama kali tau ada yg ngesub acara nogi lagi rasanya sneng banget karna pas waktu itu jarang banget yang ngesub acara nogi mastoppu itu ibaratkan penyelamat buat sub hunter seperti saya ini xD, makasih banyak atas semua subnya selama ini semoga selalu di berikan kesetan dan kalau tiba2 kangen pingin ngesub lagi bolehlah ngesub dokko yg masih bolong2 seperti yang pernah mimin bilang dulu ^_^

    BalasHapus
  6. Terima kasih subtitlenya min, semoga sukses

    BalasHapus
  7. Sedih jg sih, tapi...
    Terima kasih atas semua sub2nya selama ini mastoppu

    BalasHapus
  8. Ya ampun, kenapa harus terjadi? Padahal udah PW banget sama sub ini :(

    BTW, makasih banyak mastoppu atas sub-subnya. semoga sukses diluar sana ya, min :)

    BalasHapus
  9. Terima kasih atas seluruh subtitlenya mas, sukses terus :)

    BalasHapus
  10. Makasih mas untuk subtitlenya selama ini :')

    Kami akan selalu setia menunggu mastoppu kembali dari peristirahatannya yang panjang :'3

    BalasHapus
  11. Sensei, thanks sub keyaroom-nya :)

    Moga tercapai deh target-targetnya ya.

    BalasHapus
  12. Kaget lihat postingan ini. Makasih banyak mastoppu atas semua subtitle yang sudah dibuat dan dipublikasikan kepada kita secara cuma-cuma. Memang tidak bisa dipungkiri, memulai sesuatu adalah hal yang bisa dilakukan semua orang, tapi konsisten menjaga semangat dan passion sampai sejauh ini adalah sesuatu yang gak semua orang bisa lakukan. Semoga passion untuk ngesub nya balik lagi gan!

    BalasHapus
  13. Apapun keputusan mu min.. ane dukung.. gak banyak yg bisa ane bilang, selain TERIMA KASIH BANYAK.. YOUR JOB WAS GREAT !!!!

    BalasHapus
  14. Blog gk usah dihapus kang :D ntar klo passion buat subtitlenya udah balik info ya :) knapa gk open admin aja kang :3 berharapnya sih konser di subtitlein :v 3th birthday cuma nyetel lagu doang gk paham maksudnya :v btw WYATB :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nogizakatte, Doko? ep 99 sub indo

Nogizakatte, Doko? ep 124 sub indo

Nogizakatte, Doko? ep 179 sub indo